Ini Cara Dapatkan Informasi Rumah Bersubsidi

Program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah membuat banyak informasi mengenai program tersebut di berbagai media. Hal tersebut tentunya dapat membantu masyarakat untuk mengetahui lebih banyak mengenai program tersebut. Dengan begitu, diharapkan masyarakat akan bisa menggunakan dan memanfaatkan program tersebut dengan sebaik-baiknya sehingga backlog yang terjadi di industri properti di Indonesia dapat diselesaikan.

Informasi yang dicari masyarakat kebanyakan adalah mengenai perkembangan pembangunan rumah subsidi, cara mendapatkan rumah subsidi, dan juga cara mengajukan KPR subsidi. Namun, masyarakat kerap dibuat bingung karena minimnya informasi tentang lokasi rumah subsidi. Banyak masyarakat yang bertanya tentang program tersebut. Ketika sudah menemukan lokasi rumah dijual di Bandung, misalnya, unit rumah subsidi di perumahan tersebut malah sudah habis karena masyarakat terlambat tahu informasi mengenai rumah subsidi di lokasi tersebut.

Masyarakat kini sangat membutuhkan banyak daftar lokasi dan juga pengembang rumah subsidi agar dapat memiliki rumah murah yang dijanjikan pemerintah. Lalu, bagaimana cara mendapatkan daftar pengembang dan informasi lokasi tentang rumah subsidi ini?

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyediakan website sejutarumah.id untuk memberikan informasi mengenai rumah subsidi. Sayangnya, laman tersebut tidak memuat daftar dan juga data pengembang dengan lengkap dan informatif. Hal ini dikarenakan seluruh pengembang dapat membangun rumah subsidi secara bebas asalkan dapat memenuhi ketentuan yang dibuat pemerintah.

Ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mengetahui rumah subsidi yang ada. Yaitu dengan cara mencari informasi lokasi rumah subsidi di bank pelaksana di kota terkait. Bank pelaksana tentu akan memiliki daftar perumahan dan pengembang yang bekerja sama dalam program rumah bersubsidi. Maka dari itu, mencari informasi ke bank terkait dapat dilakukan.

Berikut adalah daftar bank yang melaksanakan pemberian KPR-FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan). Bank nasional yang menyalurkan KPR-FLPP adalah Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Tabungan Negara (BTN) Syariah, Bank Rakyat Indonesia (BRI),  Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Artha Graha, dan juga Bank Mayora.

Sementara bank-bank Pembangunan Daerah yang menjadi penyalur KPR FLPP adalah Bank Sumut, Bank Sumsel Babel, Bank Riau Kepri, Bank Nagari, Bank BJB, Bank Jatim, Bank Kalteng, Bank Kalsel, Bank NTB, Bank NTT, Bank Papua.

Bank-bank tersebut dapat menjadi alternatif Anda untuk mengetahui informasi mengenai rumah subsidi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *