Pastikan Hal Ini Sebelum Jual-Beli Properti Antara Ayah dan Anak

Pak Andi memiliki sebuah rumah minimalis karena membutuhkan uang. Namun, karena lokasi tanahnya yang kurang strategis dan juga harga properti yang tinggi di pasaran, tidak banyak peminat tanah Pak Andi.

Ia pun akhirnya memutuskan untuk menjualnya kepada Sandi, anak sulungnya, dengan alasan Sandi merupakan keluarga dan memiliki dana untuk dapat membeli tanah miliknya. Tidak hanya itu, Sandi juga menyatakan ketertarikannya dan bersedia untuk membeli.

Penting untuk diketahui, bahwa menjual tanah walaupun ke anggota keluarga dan memiliki hubungan ayah dan anak, Pak Andi sebaiknya tetap memperhatikan hukum yang berlaku juga melakukan perjanjian jual beli. Hal ini perlu dilakukan agar terhindar dari hal tidak diinginkan di kemudian hari.

Untuk dapat menjual tanah kepada keluarga atau anak sendiri, as beberapa hal yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah usia anak sudah dewasa karena salah adu syarat sahnya sebuah perjanjian adalah kecakapan untuk membuat suatu perikatan.

Anak yang belum dewasa menurut undang-undang, tentunya masih belum dianggap cakap untuk dapat membuat perjanjian. Sehingga harus dipastikan bahwa sang anak memiliki usia yang cukup untuk melakukan perjanjian.

Usia yang dianggap sudah dewasa dalam undang-undang adalah usia 21 tahun atau telah menikah. Bagi mereka yang berusia kurang dari 21 tahun dan belum pernah menikah sebelumnya, masih belum dianggap dewasa di mata undang-undang sehingga tidak bisa disertakan dalam perjanjian perdata.

Maka dari itu, jika seorang ayah melakukan perjanjian dengan anaknya yang masih berusia di bawah 21 tahun, maka perjanjian tersebut dianggap tidak sah oleh undang-undang karena sang anak belum dianggap cakap untuk membuat kesepakatan. Jika perjanjian dipaksakan dan salah satu pihak tidak setuju, maka di masa mendatang pihak terkait dapat membatalkan perjanjian jual beli di Pengadilan Negeri.

Maka dari itu, yang harus dipastikan oleh Pak Andi adalah membuat perjanjian jual beli tanah dengan Sandi. Yang pasti, Sandi sudah harus berusia 21 tahun ke atas dan sudah cakap membuat kesepakatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *