Tips Jual Apartemen Sendiri

Properti adalah bagian dari investasi. Harga properti yang terus meningkat menjadi faktor penting bagi masyarakat yang memilihnya sebagai tabungan masa depan. Properti dapat dijual kapan saja dan selalu ada peminatnya sebab hunian merupakan kebutuhan utama.

Sebagian besar orang memilih menjual propertinya tanpa bantuan agen. Menjual sendiri properti lebih disukai sebab si penjual berarti mendapatkan keuntungan lebih besar namun pemilik properti harus menyediakan waktu luang untuk bertemu calon pembeli. Jika memutuskan untuk jual apartemen sendiri tanpa bantuan agen maka beberapa langkah berikut perlu diaplikasikan:

  1. Menentukan harga. Harga properti sebaiknya mengikuti harga pasar. Cara memantau harga pasaran apartemen adalah dengan rajin mengikuti berita properti, membaca iklan surat kabar dan situs-situs online properti
  2. Menghubungi notaris untuk mengurus dokumen penjualan apartemen. Terlebih dahulu mengenal notaris akan mempermudah pengurusan surat dan dokumen berkaitan transaksi tersebut.
  3. Mengoptimalkan iklan. Pasang iklan di situs properti dan surat kabar, pasang papan bertuliskan “DIJUAL” dilengkapi nomor handphone untuk mempermudah kontak dengan calon pembeli. Semakin gencar memasang iklan semakin meningkatkan probabilitas informasi penjualan apartemen tersebar luas.
  4. Tidak terburu-buru mengambil keputusan. Kumpulkan dahulu seluruh penawaran yang masuk. Setidaknya menunggu hingga minimal lima penawaran untuk menentukan harga terbaik.
  5. Luangkan waktu khusus bagi calon pembeli. Membeli properti berbeda dengan membeli makanan cepat saji. Perlu waktu senggang agar si calon pembeli merasa nyaman dan penjual juga dapat menjelaskan setiap sudut apartemen lebih leluasa. Sikap ramah dan bersahabat akan berkesan bagi calon pembeli.
  6. Menyiapkan dokumen lengkap. Jika tawaran terbaik telah ditemukan segera lakukan deal transaksi. Sesegera mungkin setelah terjadinya transaksi siapkan dokumen pelengkapnya. Hal paling utama adalah perjanjian transaksi jual-beli yang memuat syarat-syarat penjualan, misalnya tentang pajak penjualan atau cara pembayaran yang disepakati. Pembayaran transfer antar bank biasanya menjadi pilihan karena lebih aman.

Properti adalah investasi yang menggiurkan dan diharapkan memberikan keuntungan. Menjual apartemen harus berhati-agar agar tidak menjadi korban penipuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *